Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan

Setahun terakhir berita keampuhan daun sirsak mengatasi sel kanker menguncang dunia. Padahal, kenyataannya penelitian khasiat daun sirsak ini sudah dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah pada akhir tahu 1990-an. Penelitian daun sirsak ini pernah dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung, Prof. Soelaksono Sastrodihardjo PhD, sebelum sirsak menjadi terkenal seperti sekarang ini, sirsak sudah sejak dahulu dikenal sebagai obat antikanker, dan para petani biasanya memanfaatkan biji sirsak ini untuk dibuat sebagai pestisida nabati untuk membunuh larva hama seperti Helicoverpa armigera,”

Seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Ervizal AM Zuhud MS, beliau seorang pendiri Pusat Studi Biofarmaka, Institut Pertanian Bogor. Sirsak yang merupakan tanaman Amerika Tengah itu diperkenalkan pada saat Pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda oleh orang Belanda dan Amerika. Kemudian sirsak pun dikenal sebagai nangka belanda dan durian belanda karena buahnya lezat tak hanya itu selain disantap sebagai buah meja, secara turun-temurun masyarakat mengkonsumsi daun dan buah sirsak untuk menyehatkan tubuh.

Di beberapa wilayah propinsi di Indoensia, sirsak banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai masalah gangguan kesehatan dan fungsi organ tubuh selain kanker, seperti :

- Masyarakat Aceh, misalnya menyantap buah sirsak untuk mengatasi hepatitis, sementara daunnya dimanfaatkan sebagai obat batuk.

- Lain halnya dengan masyarakat sunda pada umumnya, buah sirsak untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan daunnya digunakan untuk menghilangkan mual, bisul dan rematik.

- Bagi sebagian etnis Madura, buah sirsak umumnya digunakan sebagai obat pereda diare dan sakit perut.

- Di Kutai, Kalimantan Timur, daun sirsak yang dipilih untuk meredakan diare. Masyarakat etnis Dayak juga mengkonsumsi buah sirsak untuk meredakan mual.

- Di Spanyol, buah sirsak yang dikenal dengan sebutan buah guanabana berkhasiat untuk mengobati disentri, empedu akut, dan kencing batu.

Secara empiris (pengobatan nyata) buah dan daun sirsak ini ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. daun sirsak berfungsi untuk mengatasi luka borok, bisul, kejang, jerawat, dan kutu rambut.

Menurut Lina Mardiana, seorang herbalis asal Yogyakarta meresepkan buah dan daun sirsak sejak 1980-an untuk beberapa penyakit. Lina meresepkan sirsak terutama pada daun sirsak sebagai pengganti kemoterapi, ada beberapa pasien penderita kanker tidak mampu menahan sakitnya kemoterapi dan efek samping dari pengobatan dengan kemoterapi, lalu lina menyarankan untuk menggunakan daun sirsak sebagai pengobatan alami untuk membunuh dan membasmi kanker tanpa takut efek samping negatif yang akan timbul seperti kemoterapi.

Selain itu lina memberikan resep daun sirsak untuk pengobatan penyakit lainnya, seperti : obat untuk peradangan usus, tenggorokan, gangguan pencernaan dan ambeien. LIna juga mengungkapkan bahwa khasiat daun dan buah sirsak itu untuk mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker dan terutama untuk meningkatkan stamina tubuh pasien agar tidak mudah lemah.

Berdasarkan penelitian dan bukti empiris pada beberapa pasien kanker, daun sirsak berkhasiat sebagai pengganti kemoterapi. Dosis daun srsak yang diresepkan adalah 7, 10, 15, 17, 21, atau 31 lembar daun sirsak tergantung pada staidum kanker dan kondisi pasien.

Contoh jika seseorang yang menderita kanker, namun dalam keadaan kondisi yang lemah, dan membuat ramuan dari daun sirsak sebanyak 15 lembar dan memberi efek negatif seperti sesak napas, makan dosis diturunkan menjadi 7-10 lembar untuk menghasilkan rebusan air daun sirsak.

Berikut cara membuat resep pengobatan kanker dengan daun sirsak :

a. Kanker untuk orang dewasa

- bahan yang diperlukan : daun sirsak secukupnya, garam, dan daun sirih.

- Cara membuat : cuci bersih daun sirsak sebelum dimasak kemudian rebus daun sirsak secukupnya rebus hingga mendidih, tambahkan 4 gelas air, sedikit garam (seujung sendok teh/sendok kecil) dan 5 lembar daun sirih, jika menggunakan 7-10 lembar daun sirsak, sisakan hingga tersisa 3 gelas. Diminum selagi hangat, sekali minum gelas kecil atau 1/2 gelas. Untuk membuat ramuan daun sirsak untuk kanker dapat disesuaikan dengan dosis berapa lembar daun sirsak yang dibutuhkan tergantung dari tingkatan stadium kanker yang diderita.

Gambar : Contoh pembuatan ramuan atau resep daun sirsak untuk kanker dilihat dari stadium kanker yang diderita.

b. Kanker untuk anak umur 6 tahun

Pada anak-anak, daya tahan tubuh masih lemah. oleh karena itu dalam pengobatan kanker dosisnya pun tak setinggi orang dewasa. selain itu, untuk meningkatkan stamina perlu ditambah gula aren dan teh bubuk, sementara serta kayu manis untuk menambah citarasa.

- Bahan yang diperlukan : daun sirsak 3-5 lembar, teh bubuk, garam, gula aren secukupnya, kayu manis.

- Cara membuat : Cuci bersih3-5 lembar daun sirsak, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, campurkan bahan lainnya 1/4 sendok kecil teh bubuk, garam seujung sendok kecil, gula aren secukupnya dan 1/2 ruas kayu manis. masak hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air. Kemudian minum ramuan tersebut sedikit demi sedikit selama 1 hari sekali.

c. Untuk megatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko stroke, gagal jantung, dan bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. Perubahan gaya hidup dan pola makan adalah kontrol utama untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dan menurunkan resiko komplikasi penyakit turunannya. Berikut resep sederhana dari daun sirsak untuk membantu menurunkan tekanan darah :

- Bahan yang diperlukan : 7-10 lembar daun sirsak atau disesuaikan dengan kadar tekanan darah tinggi yang diderita, garam, beberapa lembar daun salam, rambut jagung manis muda.

- Cara membuat : Cuci bersih bahan seperti daun sirsak, daun salam, dan rambut jagung manis muda. Kemudian rebus 10 lembar daun sirsak, daun salam dan rambut jagung manis muda dengan 4 geas iar dan tambahkan sedikit garam kira-kira seujung sendok kecil, dapat ditambahkan madu sesuai selera, rebus hingga air tersisa menjadi 2-3 gelas. Kemudian saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Resep lainnya : rebus beberapa lembar daun sirsak dengan rambut jagung manis muda, dan minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari.


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirsak AntiKanker Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Kanker dan Menurunkan Tekanan Darah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>